Sudah Tahu kah Bahwa Tiap Motif Batik Itu Ada Filosofinya

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang telah mendunia dan menjadi kebanggan kita. Oleh karena itu batik harus selalu dijaga dan dilestarikan. Di balik keindahan dan kecantikan dari motif batik wanita yang sering kita pakai, ternyata semua itu ada filosofinya girls. Setiap motif yang dihasilkan memiliki cerita masing-masing.

Kita sering mendengar beberapa motif batik seperti sido luhur, parang dan lainnya merupakan sebuah filosofi yang dituangkan dengan indah ke dalam sebuah motif batik. Karena itu, batik memiliki sejuta makna yang terkandung di dalamnya. Para pembuat batik pun juga sangat hati-hati dalam membuat batik, bahkan nyaris sempurna. Berikut beberapa filosofi dari berbagai motif batik.

Sido Luhur

Dalam sebuah acara pernikahan atau resepsi, terasa ada yang kurang jika dalam baju pengantin tidak memakai motif batik sido luhur ini. Motif dengan bentuk seperti wajik memiliki kesan penampilan yang mewah nan elegan. selain itu, filosofi yang terkandung di dalamnya pun juga amat dalam. Pada saat acara pernikahan, pengantin memakai gaun dengan motif batik sido luhur bertujuan agar mereka dapat menjadi pasangan yang bermartabat dan berbudi luhur.

Sido Mulyo

Jika dilihat secara sekilas, motif sido mulyo hampir serupa dengan sido luhur. Namun motif ini memiliki karakter warna yang lebih muda. Harapan agar dapat menjadi keluarga yang selalu mendapatkan kemuliaan merupakan filosofi yang terkandung dari motif batik sido mulyo ini.

Sekar Jagad

Motif batik yang kompleks dan warna-warni menjadi salah satu ciri khas dari motif batik sekar jagad. Bagi wanita yang suka dengan fashion pasti akan merasa cocok memakainya karena memiliki struktur yang colorful. Motif dasar dari batik ini adalah aneka bunga dan tanaman yang disusun dalam bentuk elips.

Filosofi yang terkandung di dalamnya yaitu tentang kebahagiaan dan kegembiraan. Jadi motif batik sekar jagad sangat cocok dipakai saat mengadakan acara-acara syukuran.

Parang

Gambaran sekilas yang dapat kita tangkap dari motif batik parang adalah sederhana. Dengan motif yang sederhana dan membumi dan didominasi warna coklat dan krem. Motif yang sederhana namun tajam memberikan arti ketajaman berpikir dan kepemimpinan.

Selain motif-motif diatas, tentunya masih banyak lagi motif batik dengan berbagai filosofinya masing-masing. Kita harus selalu bangga dan terus melestarikannya dengan memakai batik modern wanita agar tidak punah.