Sang Pakar Kuliner Indonesia Bondan Winarno

Bondan Winarno dan Warisan Kuliner untuk Indonesia

Indonesia kembali berduka dimana seorang pakar kuliner ternama di Indonesia telah menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 29 November 2017 di umurnya yang ke-67, Bondan Haryo Winarno. Pak Bondan terkenal di kalangan masyarakat Indonesia berkat karirnya sebagai seorang presenter di sebuah acara kuliner yang pada akhirnya menciptakan sebuah jargon khas yaitu “Maknyusss!”

Sang Pakar Kuliner Indonesia Bondan Winarno

Tentang Pak Bondan “Maknyus”

Pak Bondan lahir di Surabaya pada tanggal 29 April 1950. Namanya mulai dikenal masyarakat karena acara TV bertajuk Wisata Kuliner di salah satu televise swasta di Indonesia. Namun, ternyata Pak Bondan sebelumnya menggeluti dunia jurnalistik dimana beliau menjadi seorang penulis dan juga wartawan Indonesia. Pak Bondan menjadi seorang pelopor sekaligus ketua Jalansutra yang merupakan sebuah komunitas wisata boga yang dikenal baik di Indonesia.

Sebagai seorang pakar kuliner, Pak Bondan telah berkeliling Nusantara untuk merasakan cita rasa makanan khas setiap daerah di Indonesia. Bagi Pak Bondan, makanan yang paling bermakna adalah tumpeng khas Jawa dimana melambangkan keanekaragaman dan juga budaya Indoneisa yang bersifat majemuk.

Buku Kuliner Tulisan Pak Bondan

Bondan Winarno tidak hanya mengagumi cita rasa makanan Indonesia tetapi juga menuangkannya dalam bentuk tulisan. Semasa hidupnya, Pak Bondan telah merilis beberapa buku yang bertemakan kuliner Nusantara. Berikut adalah daftar buku yang ditulis oleh Pak Bondan semasa hidupnya.

  1. 100 Maknyus Jakarta

Pembuatan buku ini terinspirasi oleh keanekaragaman jenis kuliner Betawi. Isi yang terdapat di dalam buku ini pun sangat jelas dan detai karena meliputi keterangan serta resep makanan tersebut. Dengan adanya buku ini, para pembaca dapat mengetahui berbagai jenis varian makanan betawi sebagai sebuah referensi untuk berwisata kuliner. Yang menarik, buku ini berhasil memperoleh penghargaan “Best of the Bests in 2015 Frankfurt Book Fair” dan “Best in the World in 2014”. Tentunya Pak Bondan tidak menyusun buku ini seorang diri, beliau turut dibantu rekan-rekannya.

  1. 100 Maknyus Bali

Bali tidak hanya terkenal akan keindahan alam dan juga keunikan budayanya saja. Banyak varian kuliner khas Bali yang kaya akan cita rasa Nusantara. Melalui buku 100 Maknyus Bali, Pak Bondan bermaksud untuk meningkatkan kembali pamor makanan khas Bali agar tidak kalah saing dengan makanan asal mancanegara yang banyak dijumpai di Bali. Di dalam buku ini juga terdapat resep, foto serta letak lokasi restoran rekomendasi dari Pak Bondan.

  1. 100 Makanan Tradisional Indonesia Maknyus

Buku ini merupakan sebuah rangkuman dari seluruh kekayaan kuliner Indonesia. Buku yang dirilis pada tahun 2003 ini berisi beraneka kuliner yang tersebar di sebagian besar provinsi di Indonesia. Selain itu, buku ini juga berisikan deskripsi makanan lengkap dengan foto berwarna serta resep untuk membuat makanan tersebut.

Peran Bondan Winarno dalam dunia kuliner Nusantara memang sangat besar. Dengan buku-buku yang beliau tulis serta perjalanan kulinernya yang sangat dikenal di kalangan masyarakat, mampu membantu peningkatan kepopularitasan makanan tradisional Indonesia.