Pestisida Organik Solusi Pertanian Ramah Lingkungan

Peran dan fungsi pestisida organic yang menggunakan bahan-bahan alami mempunyai peran penting untuk menopang sistem budidaya pertanian berkelanjutan. Sejak diperkenalkan pestisida dengan bahan kimia beracun, dampak buruk yang diperoleh kian nyata. Bukan hanya merugikan ekosistem lingkungan, dampak jangka panjang untuk kesehatan manusia juga semakin sulit dihindari.

Bahan pangan yang dikonsumsi sehari-hari tidak lepas dari residu bahan kimia beracun akibat penggunaan pestisida tadi. Oleh karena itu, tidak heran jika dewasa ini banyak muncul berbagai jenis penyakit yang diderita oleh beberapa kalangan manusia.

Mutasi Serangga Hama Semakin Kebal Dengan Racun Kimia

Efek buruk menggunakan pestisida kimia semakin terasa. Terjadinya mutasi serangga hama yang semakin kebal terhadap zat kimia. Maka tidak heran jika setiap tahun diproduksi racun dengan dosis bertambah untuk mengendalikan serangga hama tanaman.

Sebagai contoh, pada tahun ini pestisida produk X dengan racun dosis sekian mampu mengendalikan hama wereng. Namun tahun berikutnya belum tentu racun dengan dosis yang sama dapat mengendalikan hama sejenis. Sehingga perusahaan tersebut akan memproduksi pestisida dengan dosis racun yang lebih tinggi dengan harga yang semakin mahal.

Beralih ke Pestisida Organik

Solusi agar para petani tidak terus merugi adalah beralih ke penggunaan pestisida organic. Pestisida organic yaitu bahan-bahan alami yang diramu untuk mengendalikan berbagai serangga hama dan penyakit tanaman.

Manfaat pemakaian pestisida organic :

  • Lebih murah, bahkan dapat dibuat sendiri dengan memanfaatkan berbagai macam tumbuhan yang mempunyai fungsi untuk mematikan hama. Namun jika Anda tidak mempunyai pengetahuan dan waktu yang banyak, saat ini telah banyak dijual berbagai jenis pestisida organic di took-toko pertanian. Salah satu perusahaan memproduksi jenis pestisida organic unggul yaitu PT Natural Nusantara.
  • Ramah terhadap lingkungan dan keseimbangan ekosistem, tidak menjadikan tanah rusak dank eras.
  • Aman untuk kehidupan manusia dan hewan.
  • Bahan organic lebih mudah diuraikan di alam.
  • Bahan pangan terbebas dari residu bahan kimia beracun

Demikian uraian singkat mengenai Pentingnya Beralih ke Pestisida Organik. Semoga membawa manfaat untuk kita semua. Semoga bermanfaat.