Mesin Jahit Mini 4 In 1

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Jahit Mini 4 In 1

Saat ini kepopuleran mesin jahit mini 4 in 1 tengah melejit. Banyak penjual yang menawarkan mesin jahit ini dengan harga yang cukup miring. Tentunya ini menjadi tawaran yang cukup menjanjikan. Namun, apakah Anda sungguh membutuhkan mesin jahit ini? Mari kita bahas kelebihan dan kekurangannya.

Varian Mesin Jahit Mini

Untuk memahami mesin jahit mini 4 in 1, ada baiknya kita memahami dua varian mesin jahit mini. Dua varian itu ialah mesin jahit mini manual dan mesin jahit mini portable. Keduanya mengedepankan nilai praktis, namun terdapat perbedaan mencolok dari sisi cara pemakaian dan kualitas jahitan.

Mesin Jahit Mini 4 In 1

Mesin jahit mini manual berbentuk dan bekerja hampir sama seperti stapler. Ukurannya sangat kecil dibanding jenis mesin jahit lainnya, hanya sebesar satu kepalan orang dewasa. Maka, mesin ini dapat dibawa kemana-mana. Karena cara kerjanya yang manual, sehingga Anda harus menggenggam mesin jahit ini berulang kali. Harganya sangat murah, hanya mencapai puluhan ribu saja.

Sedangkan mesin jahit mini portable 4 in 1 dapat bekerja seperti mesin jahit portable lainnya. Mesin jahit ini bergantung pada daya listrik. Ukuran mesin jahit mini 4 in 1 jauh lebih kecil dari pada mesin jahit portable biasa. Bobotnya pun lebih ringan. Maka, lebih mudah membawa dan meminda mesin ini. Harganya juga sangat murah, sekitar ratusan ribu rupiah saja.

Kelebihan Mesin Jahit Mini 4 in 1

Mari kita bahas poin plus dulu di antara berbagai kelebihan dan kekurangan mesin jahit mini 4 in 1. Pertama dari segi harga, mesin jahit mini 4 in 1 jauh lebih murah. Tidak sampai 1 juta rupiah, Anda sudah dapat memiliki mesin jahit baru. Benntuk dan bobotnya sangat fleksibel. Bila terjadi pemadaman pun, Anda tidak perlu terlalu panic karena mesin jahit mini 4 in 1 juga dilengkapi baterai.

Selain itu cara operasional yang simpel membuat pemula dan anak-anak pun lebih nyaman menggunakannya untuk belajar. Kualitas jahitan cukup rapi sesuai harga. Terdapat fitur lampu kecil dan jahitan 2 benang, dari atas dan bawah, sehingga tak mudah putus. Kontrol kecepatan pun ada dua sehingga memudahkan pemula.

Kekurangan Mesin Jahit 4 in 1

Mesin jahit mini 4 in 1 buatan China terkenal ringan karena piranti dan bodinya terbuat dari plastik. Hal ini mengakibatkan mesin jahit tersebut sangat rapuh dan rentan rusak. Anda mesti membatasi penggunaan untuk menghindari kerusakan. Apabila hal ini terlanjur terjadi, Anda pun akan kesusahan karena tidak adanya garansi resmi.

Ditambah lagi, mesin jahit mini 4 in 1 tidak dapat digunakan untuk menjahit kain yang tebal seperti jeans dan tas. Bila Anda memiliki usaha pembuatan tas, hindari mesin ini. Kecepatannya yang lambat menjadikan mesin ini tidak cocok digunakan dalam industri konveksi tetapi anda bisa cek di Toko Mesin Jahit di Jakarta yang untuk konveksi dan butik.

Itulah kelebihan dan kekurangan mesin jahit mini 4 in 1. Bagaimana menurut Anda? Layak dan tidaknya mesin tersebut Anda beli tergantung pada kebutuhan dan penggunaan mesin jahit mini tersebut. Apabila Anda sekadar ingin belajar menjahit dan membuat prakarya DIY, mesin ini bisa jadi alternatif menarik!