Cara Membedakan Gatal Akibat Kurap dan Infeksi Jamur Candida

Cara Membedakan Gatal Akibat Kurap dan Infeksi Jamur Candida, Kebanyakan orang dapat terserang infeksi jamur di kulit, tetapi bila Anda aktif dalam aktivitas berolahraga serta kesibukan fisik, resiko Anda mungkin saja lebih tinggi. Dua type infeksi jamur yang paling umum berlangsung yaitu infeksi jamur ringworm dengan kata lain kurap, serta infeksi jamur Candida.

Ke-2 type infeksi jamur ini keduanya sama seringkali keluar di ruang kulit yang lembap. Tetapi, ruang kulit yang terserang umumnya berlainan.

Riset tunjukkan kalau infeksi jamur karena Candida dapat menyerang kulit skrotum pada pria, sedang kurap tidak sempat berlangsung di bagian itu. Penampakan dua type infeksi jamur ini berlainan.

Bagaimana caranya membedakan kurap serta infeksi jamur Candida?

Cara-Membedakan-Gatal-Akibat-Kurap-dan-Infeksi-Jamur-Candida

Infeksi jamur ringworm dengan kata lain kurap

Walau namanya ringworm, infeksi ini tidak dikarenakan oleh worm dengan kata lain cacing, tetapi oleh sekumpulan jamur yang diberi nama dermatofit. Kurap umumnya menyerang kaki (seringkali juga dimaksud penyakit athlete’s foot), selangkangan (tinea cruris), kulit kepala (tinea capitis), kuku, tangan, serta kaki.

Kurap mengakibatkan ruam merah yang meradang, kadang-kadang juga bersisik, serta memiliki bentuk umumnya bulat mirip cincin. Sisi tengahnya umumnya merah, namun dapat pula warna kulit normal. Bila keluar di kulit kepala, kurap dapat mengakibatkan kerontokan rambut.

Kurap dapat menyebar dari manusia ke manusia, atau dari benda berjamur seperti handuk lembap, atau dari hewan peliharaan seperti anjing serta kucing.

Infeksi jamur Candida

Jamur Candida umumnya berada di badan semuanya manusia, tetapi bila jumlahnya terlalu berlebih, ia dapat mengakibatkan infeksi. Sisi badan yang seringkali terinfeksi yaitu vagina, vulva, alat kelamin pria, mulut, serta bebrapa sisi kulit yang hangat serta lembap seperti ketiak, sela-sela jari kaki, selangkangan, pantat, lipatan bawah payudara, serta ruang dibawah kuku.

Infeksi jamur Candida pada vagina bisa mengakibatkan rasa panas, vagina kemerahan, dibarengi keputihan yang berwarna putih pekat seperti keju. Infeksi jamur Candida pada mulut tampak seperti bercak-bercak putih tidak tipis di lidah. Pada kulit, infeksi jamur Candida tampak seperti ruam merah yang datar, dengan bagian yang bergelombang.

Apa obat kurap serta jamur Candida yang paling efisien?

Penyembuhan untuk ke-2 type infeksi jamur ini tidak jauh berlainan. Anda dapat memakai obat gatal tradisional. Sebagian obat kurap serta jamur Candida juga di jual bebas tanpa ada resep serta ada dalam sebagian merk. Anda dapat mencari salep yang memiliki kandungan clotrimazole, miconazole, atau terbinafine