Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Bepergian Jauh

 

Sejak kecil, orang tua dan para guru selalu mengajarkan bahwa sebelum hingga sesudah melakukan sesuatu hendaknya berdoa terlebih dahulu. Selain difungsikan sebagai rasa syukur kepada Allah, doa juga difungsikan untuk melindungi diri dari hal-hal buruk. Kebiasaan itu memang sudah diajarkan sedari kita kecil dan memang harus diterapkan hingga sekarang. Gunanya bukan hanya untuk diri sendiri saja, tetapi juga untuk diajarkan kepada generasi berikutnya.

Akan lebih baik, semua aktivitas yang akan dilakukan diawali dengan membaca doa terlebih dahulu. Kemudian, setelah melakukan aktivitas tersebut, maka kita harus membaca doa lagi. Dan begitu seterusnya, karena memang dianjurkan berdoa untuk menjalankan segala aktivitas. Namun, jenis dan nama doa yang dibaca jelas berbeda, karena masing-masing aktivitas yang akan dilakukan, mempunyai doanya masing-masing.

Contohnya, adalah doa sebelum bepergian jauh, karena doa tersebut harus Anda hafalkan demi keselamatan dan kelancaran Anda selama berada di perjalanan. Agar mudah dihafalkan, doa tersebut dituliskan dalam Bahasa Indonesia lengkap bersamaan dengan artinya.

Allahhumma Hawwin ‘Alaiana Safarana Hadzha Watwi ‘Annaa Bu’Dahu. Allahhumma Antashookhibu Fishafari Walkhollifatu Fil’Alahi

Artinya :

Ya Allah mudahkanlah kami ketika bepergian dan dekatkan kejauhannya. Ya Allah, engkau yang menemani dalam bepergian dan Engkau juga yang akan melindungi kami.

Kemudian, saat sudah sampai tujuan Anda pun harus membaca doa sampai ke tempat tujuan sebagai ucapan terima kasih kepada Allah, karena telah memberikan perlindungan dan keselamatan kepada Anda saat bepergian.

Allaahumma Innii As’aluka Lhairohaa Wakhairo Ahlihaa Aakhairo Maa fiihaa Wa A’uudzubika Min Syarrihaa Wa Syhaarii Ahlihaa Wa Syarri Maa Fihaa

Artinya :

“Ya Allah, saya mohon kepada-Mu kebaikan negeri ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan yang ada di dalamnya. Saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan negeri ini dan kejahatan penduduknya serta kejahatan yang ada di dalamnya’’

 

Doa tersebut wajib untuk Anda hafalkan, terlebih lagi jika dalam waktu dekat ini Anda akan bepergian jauh dalam waktu yang cukup lama. Apabila merasa kesulitan untuk menghafalkan doanya dalam versi Bahasa Arab, Anda bisa menghafalkan artinya saja, karena tujuannya tetap sama, yakni meminta perlindungan dan keselamatan dari Allah selama menempuh perjalanan jauh. Selain itu, Allah adalah Dzat yang mengerti segala macam jenis bahasa, sehingga Anda pun bisa berdoa dan meminta perlindungan dalam bahasa apa saja.