Beberapa Macam Alat Kesehatan Emergency Rumah Sakit

Mengenal alat kesehatan tidak ada salahnya, bahkan itu bisa menambah pengetahuan kita tentang ilmu yang tidak kita dapatkan di pendidikan sekolah. Dan di sini saya ingin berbagi ilmu yang saya dapatkan semoga bisa menambah wawasan kita. Penjelasan singkat mengenai alat – alat kesehatan yang ada di Unit Emergency sebuah pusat layanan kesehatan baik milik pemerintah ataupun swasta dengan beberapa contohnya.

alat kesehatan emergency

Unit Emergency merupakan satu unit di Rumah Sakit atau Klinik lini paling depan untuk kasus – kasus yang harus ditangani dengan cepat. Ada banyak kondisi dimana pasien datang dalam keadaan yang tidak diduga sama sekali. Sehingga unit ini dibutuhkan tenaga medis yang selalu siap dengan peralatan yang mumpuni. Ada banyak contoh alat kesehatan yang harus disediakan di sini, berikut beberapa contohnya.

1. Alat Oksigenasi

Oksigen merupakan hal penting untuk pemberian pertolongan utama pada pasien. Sebab oksigen merupakan kebutuhan penting yang harus dipenuhi oleh tubuh kita. Jika badan dalam kondisi sakit, pasti sirkulasi oksigen di dalam tubuh mengalami penurunan. Oleh sebab itu, dibutuhkan supply oksigen dalam jumlah banyak untuk membantu memulihkan kesehatan pasien. Kalau anda perhatikan, oksigen selalu ada di unit – unit emergency di pusat layanan kesehatan di manapun.

2. Defibrillator

Ini adalah alat elektromedik yang cukup penting, di dalam unit emergency segala sesuatu bisa saja terjadi. Termasuk kondisi pasien yang mengalami detak jantung tidak normal atau mengkhawatirkan. Defibrillator berfungsi untuk menormalkan kembali detak jantung tersebut. Ada dua jenis defibrillator yang kita kenal dipasaran, yaitu defibrillator manual dan portable. Biasanya yang digunakan di unit emergency yaitu defibrillator jenis manual. Harga defibrillator portable sedikit lebih murah dibandingkan dengan manual karena fiturnya memang berbeda.

3. Brankar (Tandu)

Tandu merupakan alat emergency yang berfungsi untuk memindahkan pasien dari ambulan ke ruang emergency untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Ada berbagai macam desain tandu yang ada di rumah sakit. Semuanya memiliki fungsi masing – masing tergantung dari kebutuhannya. Namun alat ini termasuk alat yang dibutuhkan sekali untuk unit emergency.